Inilah Kereta Api Penolong di Indonesia

Selamat sore,  mungkin tak terlalu banyak penumpang kereta api pada umumnya yang mengetahui bagaimana jika dalam suatu perjalanan kereta api yang ditumpangi tersebut sedang mengalami gangguan, akan dapat terselesaikan dengan bantuan dari kereta lain atau yang biasa disebut dengan Kereta Penolong

Tapi, arti dari Kereta Penolong itu sendiri apa sih?

Kereta api penolong adalah kereta yang tugasnya untuk memberikan pertolongan saat terjadinya gangguan dalam perjalanan kereta api yang bisa saja disebabkan oleh: lokomotif yang mogok, kereta / gerbong mengalami patah as roda, kereta api yang anjlok, hingga terjadinya PLH (Peristiwa Luar biasa Hebat)

berikut ini beberapa Kereta Penolong .
KRD NR Djoko Tingkir:
Kereta penolong ini menggunakan kereta api jenis KRD (Kereta Rel Diesel) ex MCW 302 yang terdiri dari 2 kereta yang digabungkan dan tanpa lokomotif. KRD ini merupakan satu-satunya KRD penolong di DAOP 1 Jakarta yang bertempat di Dipo Lokomotif Bukit Duri. KRD ini biasanya menarik KRL yang baru datang dari Jepang ataupun KRL yang bermasalah sehingga perlu bantuan KRD ini. Ciri khas KRD ini adalah warnanya yang kuning dengan striping merah dan lampu depan yang telah dimodifikasi, juga terdapat 1 pintu utama dan 1 pintu masinis di setiap sisi per unit nya.

  











Kereta penolong dengan Lokomotif:
Untuk kereta penolong jenis ini harus di gandeng Lokomotif, karna tidak mempunyai mesin penggerak sendiri seperti KRD Djoko Tingkir. Kereta Penolong jenis ini hampir di setiap Dipo Lokomotif atau Dipo Kereta di Daop atau Divre memilikinya. warna nya pun beragam, namun identik dengan warna kuning.










 selain 2 jenis kereta penolong diatas, ada juga jenis alat berat yang ditugaskan untuk menolong dan mengevakuasi kereta api yang mengalami kecelakaan, yaitu Crane Kirrow dan Atlas
Crane kirrow










Seperti alat Crane pada umumnya, crane ini berfungsi untuk mengevakuasi kereta, gerbong, dan lokomotif dalam peristiwa kecelakaan pada medan yang cukup sulit, atau pun posisi kereta yang ditolong sangat sulit untuk evakuasi oleh kereta penolong biasa, contohnya seperti saat Peristiwa Luar biasa Hebat (PLH) KA Malabar di Tasik pada 4 April 2014 dan Peristiwa Luar biasa Hebat (PLH) KA Bangunkarta pada 23 Mei 2015.


Atlas:
Atlas adalah excavator yang berjalan di rel, mungkin orang lebih mengenal dengan istilah "Beko", fungsinya yaitu membantu evakuasi pada medan yang sering mengalami longsor.







Itulah beberapa Kereta Penolong dan Alat berat yang berjalan di rel yang ada di Indonesia , apa ada yg pernah melihatnya?   SUMBER 

0 komentar:

Posting Komentar